Jumat, 17 Juli 2020

CHAPTER II KELAS 8



CHAPTER II : WE CAN DO IT AND WE WILL DO IT

* We can do something , We will do something

Learning Goal :

- to state that we can do something, and

- to state that we will do something.

Main Vocabularies
§ Can = dapat
§ Can’t = Tidak dapat
§ I will = Saya akan
§ I won’t = saya tidak akan



Enrich your vocabularies

§ can you write the message in Englsh?
Bisakah kamu menulis pesan dalam bahasa Inggris?

§ I think you can ask me the question in English.
Saya pikir kamu bisa menanya saya dengan pertanyaan bahasa inggris

§ she can help me with the housework before she goes to school.
Dia bisa membatu saya mengerjakan pekerjaan rumah sebelum dia berangkat sekolah

§ She can get up early herself."
Dia bisa bangun pagi sendiri

§ Risky can make fried rice
Risky bisa membuat nasi goreng

§ They can fry the egg nicely.
Mereka bisa menggoreng telur dengan baik

§ They can also serve fried rice beautifully with tomatoes and celery.”
Meraka juga bisa menyajikan nasi goreng yang indah dengan tomat dan seledri

§ you can speak English loudly and clearly
Kami bisa bicara bahasa inggris dengan keras dan jelas

§ He can read his story loudly.”
Dia bisa membaca ceritanya dengan lancar

§ she can sing very loudly.”

Dia bisa bernyanyi dengan nyaring 

§ Birds can fly because they have wings.
Burung bisa terbang karena mereka punya sayap

§ We cannot swim across the sea
Kita tidak berenang bisa melintasi lautan

§ you can understand it easily.”
Kamu bisa mengerti itu dengan mudah




Contoh Ungkapan Menyatakan bisa melakukan sesuatu

§ I can go with you ( saya bisa’ pergi denganmu )
§ They can sing English Song ( saya bisa’ nanyi Bahasa Inggris )
§ I will wait you in the library ( saya akan menunggu kamu di perpustakaan)
§ I will do my homework at the library ( saya akan mengerjakan PR di perpustakaan
§ Will you go picnic to “Toronipa Beach ”?

PENJELASAN TENTANG " CAN" DAN "WILL"

Can

can adalah salah satu modal auxiliary yang memiliki beberapa fungsi. Sebagaimana juga berbagai modal auxiliary lainnya yang tidak hanya memiliki satu fungsi saja. Secara umum, can digunakan untuk menyatakan kemungkinan (possibility), ketidakmungkinan (impossibility), permintaan (request), izin (permission), serta kemampuan (ability).

Berikut adalah contoh kalimat untuk fungsi can

1. possibility => The weather can be very cold today (Cuacanya mungkin sangat dingin hari ini) dan Don't touch it, you can get shocked. (Jangan pegang itu, kamu bisa tersengat listrik).

2. impossibility => You can't be sleepy because you've just waken up. (Kamu tidak mungkin mengantuk karena kamu baru bangun)

3. request => Can you take me to my house? (Bisakah kamu mengantarku ke rumah?); Can you lend me some money? (Bisakah kamu meminjamiku sejumlah uang); It's been late. Can I go home now? (Ini sudah larut malam, bolehkah aku pulang sekarang?) It's hot here, can I open the window? (Di sini panas, bolehkah aku membuka jendelanya?)

4. permission => Yes, you can go home now. (Ya, kamu boleh pulang sekarang); You can open the window. (Kamu boleh membuka jendelanya).

5. ability => This math task is not difficult, I can do this. (Tugas matematika ini tidak sulit, aku bisa mengerjakannya);  He can speak English fluently (Dia bisa lancar bicara bahasa Inggris).

Will

Sama dengan can, will juga termasuk salah satu modal auxiliary. Secara umum will bisa digunakan untuk creating future tenses (menyatakan masa depan), ability and willingness (kemampuan dan kesediaan), request and offer (permintaan dan penawaran). Berikut beberapa contohnya:

1. creating future tenses => I will go to the cinema tonight (Aku akan pergi ke bioskop malam ini); They will play football tomorrow. (Mereka akan main sepak bola besok).

2. ability and willingness => Turn on the fan, it will make the air fresher. (Hidupkan kipas anginnya, udara akan lebih segar); You clean the living room, I will take care the kitchen. (Kamu bersihkan ruang keluarga, aku akan menangani dapur).

3. Request and offer => Will you clean the living room? (Bisakah kamu membersihkan ruang keluarga?); Will you take me to my home? (Maukah kamu mengantarku ke rumah?)

Contoh dialog antara dua orang yang menggunakan can dan will

Ronny: It's getting late, we should go home now. (Sudah semakin malam, kita harus pulang sekarang)

Thori: We can't go home now, we have an appointment with Hulk. (Kita tidak mungkin pulang sekarang, ada janji bertemu dengan Hulk).

Ronny: Maybe you can call him and cancel the appointment. (Mungkin kamu bisa meneleponnya dan membatalkan janji bertemunya)

Thori : I will call him now. (Akan kutelepon dia sekarang)

Ronny: OK, I will be waiting. (Baik, akan kutunggu)

Thori: You can sit back and relax while I call him. (Kamu bisa duduk santai dulu ketika aku meneleponnya)


PERBEDAAN CAN DAN WILL DALAM BAHASA INGGRIS

Ada banyak kosa kata atau vocabulary yang digunakan dalam bahasa Inggris. setiap kosa kata itu memiliki kegunaannya sendiri. Namun ada kalanya terdapat kata yang mempunyai arti sama tetapi penggunaannya bisa sangat berbeda di antara yang satu dengan yang lainnya. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui perbedaan-perbedaan tersebut agar kita bisa menggunakan bahasa Inggris dengan baik dan benar dalam percakapan bahasa Inggris (conversation).

Dalam kesempatan ini, penulis akan menyampaikan perbedaan dua kata yang seringkali membuat banyak pelajar bahasa Inggris. kata-kata yang dimaksud yakni kata can dan will. Kedua kata ini memiliki kemiripan dari segi arti namun juga memiliki beberapa perbedaan yang harus kita pahami agar dapat menggunakannya sesuai dengan grammar bahasa Inggris. nah, apa saja perbedaan can and will dalam bahasa Inggris? berikut ini penjelasannya:

1. Arti Kata yang Berbeda


Perbedaan pertama dari kata can dan will yaitu arti yang dimiliki oleh kedua kata ini sangat berbeda. Kata ‘can’ memiliki arti ‘dapat’ atau ‘bisa’, sedangkan kata ‘will’ mempunyai arti kata ‘akan’ atau ‘mau’. Adanya perbedaan arti kata ini nantinya akan sangat berpengaruh pada perbedaan-perbedaan yang selanjutnya akan penulis bahas.


2. Konteks Penggunaan yang Berbeda


Kata can dan will juga memiliki perbedaan di dalam penggunaannya. secara umum, kita dapat menyimpulkan bahwa kata ‘can’ mengindikasikan ada atau tidaknya kemampuan mengenai suatu hal (ability). Di sisi lain, kata ‘will’ menyatakan mengenai kemauan untuk melakukan suatu hal (willingness). Ability atau kemampuan berarti kita memiliki kemampuan, sedangkan willingness atau kemauan berarti kita ingin atau tidak ingin melakukan sesuatu.


3. Perbedaan Tingkat Motivasi

Dilansir dari situs Productive Flourishing, ketika kita hendak menggunakan kata ‘can’, maka kita hanya menyatakan mengenai potensi atau kemampuan kita, sedangkan ketika berbicara mengenai motivasi, kata ‘can’ merupakan kata yang cukup lemah untuk menggambarkan motivasi kita terhadap sesuatu. Maka dari itu, ketika hendak menyatakan motivasi, sebaiknya kita tidak menggunakan kata ‘can’.

Sementara itu, kata ‘will’ merupakan kata yang tepat untuk menggambarkan potensi kita untuk melakukan sesuatu sekaligus menunjukkan sebuah komitmen bahwa kita akan melakukan sesuatu tersebut pada beberapa waktu mendatang. Tidak ada kata ‘maybe’, ‘might’, atau kata ‘I am thinking about it’ ketika kata will sudah digunakan dalam pernyataan.

4. Penggunaan Tenses yang Berbeda



Perbedaan terakhir dari kata ‘can’ dan ‘will’ yang terakhir penulis bahas dalam kesempatan ini yaitu penggunaan tenses yang berbeda. Kata ‘can’ umumnya digunakan dalam tenses berupa present tense. di sisi lain, kata ‘will’ umum ditemui di dalam future tense atau kalimat bersyarat (conditional sentence) yang ruang lingkup waktunya adalah masa depan.

Penjelasan di atas merupakan uraian mengenai materi perbedaan can and will dalam bahasa Inggris yang dapat penulis sampaikan kepada pembaca dalam kesempatan yang indah ini. Semoga dengan membaca artikel mengenai Perbedaan Can and Will dalam Bahasa Inggris ini, pembaca dapat memahami apa saja perbedaan di antara kata can and will serta bagaimana cara menggunakannya dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar dalam bercerita sehingga kemampuan dasar bahasa inggris pembaca dapat meningkat pula. 

Tetap semangat untuk mempelajari bahasa inggris dan sampai jumpa pada kesempatan yang lain.

2 komentar:

Past Continuous Tense: Pengertian, Rumus, dan Fungsi

 Past Continuous Tense: Pengertian, Rumus, dan Fungsi Tenses menjadi bentuk dari suatu kalimat yang ada dalam bahasa Inggris. Tenses yang di...